Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Halo, Apa kabar? Berjumpa kembali dengan kami yang menyajikan serangkaian tutorial dan berita seputar teknologi masa kini. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana Cara mengatasi HP Android Bootloop yang akan kita ulas pada artikel di bawah ini.

Kini Smartphone Android sudah semakin marak di temukan, dari berbagai jenis, tipe, dan merk Android banyak di keluarkan oleh produsen atau prabik gadget di dunia.

Dari yang mahal sampai yang murah dan juga berbagai sistem operasi yang berbeda beda sudah banyak di jumpai oleh kita. Dan jumlah nya pun sudah tak terhitung, Karena hampir seluruh manusia telah menggunakan smatphone pintar ini.

Smartphone bukan lah perangkat yang dapat terus-menerus bekerja atau digunakan, ada kalanya ponsel itu istirahat dan di restart untuk merefresh sitemnya.

Jikala di gunakan terus menerus tanpa ada jeda akibatnya ponsel bisa mengalami lag dan juga terdapat kesalahan pada sistem atau yang sering kita kenal dengan istilah bootlop.

Apa itu Bootlop? Ini merupakan dimana sebuah perangkat mengalami kesalahn sistem atau ada sistem yang corup sehingga perangkat tidak dapat bekerja secara sempurna.

Banyak penyebab yang memungkin kanperangkat anda mengalami bootlop, seperti, ada file sistem yang hilang, perangkat bekerja terlalu berlebihan, virus dan sebagainya.

Bootlop memang beresiko membuat ponsel anda mati total dan tidak bisa hidup, kebanyakan hanya hidup sekedar menampilkan logo jenis atau merk ponsel tersebut.

Itu sanagt menjengkelkan bukan? Namun anda tidak perlu khawatir, karena kami disini memiliki tips atau Cara Mengatasi HP Android Bootloop dengan mudah dan dapat anda lakukan dirumah dengan alat yang standar.

Jadi langsung saja mari kita simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Baca juga: Cara Flash HP Samsung

Sebelum anda menanganinya, adabaiknya anda kenali dulu macam-macam bootlop, karena tidak semua bootlop sama penanganannya.

berikut beberapa jenis bootlop yang harus anda ketahui:

  • Light boot loop

Menangani loop boot ringan sangat mudah. Ini biasanya disebabkan oleh kesalahan manipulasi data tanpa melalui mode pemulihan.

Pertama, pastikan perangkat Android Anda dihentikan. Dalam hal ini, keluarkan memori, kartu SIM dan baterai.

Kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian instal ulang dan mulai ulang perangkat. Jika itu tidak berhasil, coba yang berikut ini:

  • Hard Bootlop

Berbeda dengan loop boot ringan, loop boot keras atau kritis memerlukan penanganan teknis. biasanya dalam kondisi ini harus melakukan flashing atau wipe data.

Nah berlanjut cara mengatasinya, anda dapat mealukan langkah langkah dibawah ini untuk memperbaikinya.

1. Wipe Cache Partition

Cara yang pertama Anda dapat Menghapus partisi cache, Cara ini sangat efektif dalam mengatasi boot loop. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan ini tanpa takut kehilangan semua data Anda.

Untuk instruksi, buka menu Mode Pemulihan, pilih Hapus Cache Partition, dan kemudian Ya. Namun, setiap telepon memiliki cara berbeda untuk beralih ke mode pemulihan.

Untuk masuk ke mode pemulihan anda dapat melakukan seperti dibawah ini:

  • Samsung: Tombol Nyala / Mati + Tombol Nyala / Mati + menambah volume
  • Xiaomi: sakelar hidup / mati + lebih keras
  • Oppo: Tombol daya + volume turun
  • Asus: Tombol daya + tambah volume. Saat logo muncul, lepaskan tombol daya sambil menakan volume up
  • LG: Tombol Power + Home + volume naik
  • Huawei: tombol daya + volume up + tombol daya
Artikel Lainnya :   Sexxxxyyyy Video Bokeh Full 2018 Mp4 China dan Japan 4000 Youtube Twitter No Sensor Face

Jika berhasil, ponsel kembali ke halaman utama. Jika ini tidak berhasil, lakukan reset pabrik sebagai berikut.

2. Reset pabrik

Cara selanjutnya untuk berurusan dengan telepon bootloop adalah dengan mereset pengaturan pabrik. Secara teknis, metode ini mengatur ulang perangkat lunak sehingga sepertinya itu adalah pembelian pertama.

Untuk melakukan ini, buka menu “Mode Pemulihan” seperti dijelaskan di atas, pilih “Factory Reset” dan kemudian “Ya”.

Sistem akan diproses secara otomatis nanti. Anda dapat mengatur ulang telepon ke pengaturan pabrik tanpa gangguan. Dalam hal ini, ponsel harus dapat mengakses beranda.

Baca juga: Cara mereset iphone

3. Flash ROM

Jika itu tidak berhasil, Anda dapat menggunakan metode flash terbaik. Gunakan metode ini hanya jika ponsel Anda memiliki loop awal yang berat.

Biasanya ini disebabkan oleh kesalahan pemasangan ROM kustom atau pembaruan yang salah dari sistem operasi ponsel.

Jika Anda ingin flash, gunakan ROM yang sesuai dengan ponsel Anda.

Baca juga: Cara Update Android 10

Demikian itulah pembahasan dari kami mengenai Cara Mengatasi HP Android Bootloop yang telah kami jelaskan pada artikel kali ini. dengan langkah diatas, Anda dapat mencoba melakukannya dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Terimakasih Telah berkunjung pada web kami. cek artikel kami yang lainnya, Karena kami menyajikan banyak tips dan trik serta Tutorial seputar teknologi terbaru. Terimakasih.

/* */