Cara Cek Suhu CPU pada PC atau Laptop

Cara Cek Suhu CPU pada PC atau Laptop- Suhu CPU komputer Anda adalah salah satu tanda paling pasti untuk mendiagnosis kesehatan komputer Anda. Seperti kebanyakan elektronik, aturan praktis jika pendingin itu lebih baik.

Pada artikel ini kita akan melihat beberapa cara Anda dapat memeriksa Suhu CPU di komputer Anda Kami tidak akan secara langsung mengotori tangan kami dengan alat diagnostik bawaan motherboard Anda (melalui BIOS). 

Kami akan memulai dengan beberapa alat yang memungkinkan Anda memeriksa suhu CPU Anda tanpa harus me-restart komputer Anda. 

Cara Cek Suhu CPU pada PC atau Laptop

Cara Cek Suhu CPU pada PC atau Laptop

Cek Suhu CPU dengan Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor adalah program open source yang memungkinkan Anda mengukur beberapa hal, termasuk suhu CPU komputer Anda. Ini gratis untuk diunduh dan memungkinkan Anda mendiagnosis perangkat keras Anda tanpa harus me-restart komputer atau harus menginstal aplikasi. 

Ini mendukung sebagian besar chip pemantauan perangkat keras yang ditemukan di motherboard modern dan kompatibel dengan sebagian besar sistem operasi termasuk Microsoft Windows XP / Vista / 7 / 8 / 8.1 / 10 32-bit dan 64-bit dan sistem operasi Linux berbasis x86.

Ikuti langkah ini:

  1. Di browser pilihan Anda, buka Open Hardware Monitor .
  2. Klik tombol “Unduh Buka Monitor Perangkat Keras”. Anda akan diarahkan ke halaman baru. Klik tombol “Unduh Sekarang”.
  3. Buka zip file yang diunduh. Arahkan folder “OpenHardwareMonitor” dan buka aplikasi OpenHardwareMonitor.
  4. Anda akan disajikan dengan pengukuran suhu CPU Anda di antara sejumlah faktor lain seperti kecepatan kipas, voltase, beban, dan kecepatan clock. Anda dapat membandingkan pembacaan ini dengan batas yang direkomendasikan yang disediakan dalam dokumentasi sistem Anda.
Artikel Lainnya :   Twitter Video Bokeh Meseum Terbaru 2022 No Sensor

Menggunakan Intel XTU untuk mengukur Suhu CPU

Jika Anda memiliki prosesor Intel, alat Intel Extreme Tuning Utility mungkin merupakan alat terbaik untuk mendapatkan detail tentang sistem Anda dan perangkat kerasnya. Namun fungsi pemantauan XTU adalah alat sekunder dan fungsi utamanya adalah sebagai aplikasi overclocking resmi Intel. 

Itu berarti Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk mengubah pengaturan CPU, grafik, dan RAM . Satu-satunya alasan kami mencantumkan Intel XTU setelah Open Hardware Monitor adalah karena Anda harus me-restart komputer Anda.

Untuk memeriksa suhu CPU Anda menggunakan Intel XTU, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh alat dari pusat unduhan Intel .
  2. Setelah Anda mengunduh penginstal, instal aplikasi dengan mengikuti petunjuk di layar di jendela Penginstal.
  3. Anda harus me-restart sistem Anda untuk membuka aplikasi Intel XTU. Di panel bawah jendela, Anda akan menemukan suhu

Cara Cek Suhu CPU Tanpa Aplikasi lewat BIOS

Jika semuanya gagal, atau mungkin jika Anda tidak menginginkan aplikasi pihak ketiga apa pun di komputer Anda, Anda juga dapat mengandalkan BIOS untuk mengukur Suhu CPU Anda. BIOS (atau Basic Input-Output System) adalah semacam menu dasar yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan dasar komputer Anda.

Untuk memeriksa suhu CPU Anda menggunakan BIOS, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Mulai ulang sistem Anda. Saat komputer Anda reboot, tekan “F2” (atau “F10” atau “Del” di beberapa sistem) untuk mengakses BIOS. (Dalam kebanyakan kasus, tombol kanan akan ditampilkan di layar dengan logo Pabrikan.)
  2. Setelah Anda berada di BIOS, Anda harus menavigasi melalui bagian untuk menemukan bagian yang mencantumkan suhu CPU. Sekarang program BIOS akan berbeda dalam tampilannya berdasarkan versi dan pembuatan motherboard. Namun di sebagian besar versi, suhu biasanya dicantumkan di bagian bernama “Monitor H/W”. (Atau, cari bagian bernama “Status”, “PC Health”, dll.)
  3. Anda harus menemukan Temperatur CPU yang tercantum di sana bersama dengan sejumlah pengukuran perangkat keras/sistem lainnya seperti kecepatan Kipas CPU.
Artikel Lainnya :   Akun dan Biodata Pemeran Video Kebaya Merah Viral Icha Ceeby
cek suhu cpu intel dan amd

Untuk Prosesor AMD

Prosesor AMD melaporkan dua jenis suhu yang berbeda. Salah satunya adalah Suhu CPU, dan yang lainnya adalah Suhu Inti. Ini tidak terjadi pada kebanyakan prosesor Intel sehingga dapat dengan mudah membingungkan beberapa pembaca. 

Sederhananya, Suhu CPU adalah suhu sebenarnya yang diukur oleh sensor di dalam inti CPU Anda. Suhu Inti di sisi lain adalah skala arbitrer yang hanya meniru sensor suhu yang sebenarnya.

Tetapi Suhu Inti sebenarnya lebih berguna dari keduanya. Hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa pada suhu yang lebih rendah “Suhu CPU” memberikan pengukuran yang lebih akurat daripada “Suhu Inti”. Pada suhu yang lebih tinggi (yaitu, ketika itu benar-benar penting), sebaliknya.

Persentase Ukuran Panas Standar pada CPU

Jadi sekarang Anda telah menentukan suhu CPU sistem Anda, bagaimana Anda tahu apakah itu dalam batas aman? Kami telah membuat bagan yang nyaman ini untuk membantu Anda dengan hal itu. Ini akan berfungsi sebagai pengganti kasar untuk panduan yang diberikan oleh dokumentasi sistem yang disertakan dengan komputer Anda.

  • Di bawah 60 ° C : Ini adalah kisaran aman. Kamu baik!
  • Antara 60 ° C hingga 70 ° C : Anda masih dalam kisaran aman dan Anda tidak perlu khawatir tentang kepanasan dulu. Anda dapat mempertimbangkan untuk membersihkan bagian dalam komputer Anda.
  • Antara 70 ° C hingga 80 ° C : Jika CPU Anda di-overclock, ini secara teknis masih dapat dianggap dalam kisaran aman. Jika tidak, Anda mungkin ingin membersihkan bagian dalam sistem Anda. Mereka bisa menghalangi aliran udara.
  • Antara 80 ° C hingga 90 ° C : Sistem Anda jelas kepanasan sekarang. Anda mungkin ingin memeriksa kipas yang rusak dan hanya untuk amannya, jika Anda telah melakukan overclock pada sistem Anda, Anda mungkin ingin menyetelnya. Suhu CPU dapat mencapai tingkat ini saat Anda menjalankan program berkinerja tinggi (seperti video game), jika Anda menggunakan sistem yang tidak memiliki sistem pendingin khusus (seperti pada laptop biasa).
  • Lebih dari 90 ° C : Anda berada di zona bahaya dan Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan profesional untuk mendapatkan bantuan.
Artikel Lainnya :   Xxnamexx Nvidia 2022 Mean In Amerika, Indo, Japan & Korea Link

Cara Mengatasi suhu Panas pada CPU

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan bagian dalam komputer Anda. Biasanya, seiring waktu, debu atau kotoran menumpuk di dalam komputer yang menghambat aliran udara yang cukup. Anda harus secara teratur membersihkan bagian dalam komputer Anda untuk mencegah hal ini.

Jika itu tidak menyelesaikan masalah Anda, masalahnya bisa lebih serius. Periksa untuk melihat apakah ada kipas yang rusak. Jika itu masalahnya, Anda harus menggantinya. Atau mungkin pasta termal yang bertanggung jawab untuk mentransfer panas dari CPU Anda ke pendingin bisa mengering. Jika demikian, Anda dapat menggosok lapisan lama dengan alkohol dan kemudian mengoleskan lapisan baru.

Cara Mencegah Overheat pada CPU PC

Tapi semua orang tahu bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan untuk menghindari panas berlebih pada CPU komputer Anda.

Hal pertama dan terpenting yang perlu Anda pertimbangkan adalah kasus PC Anda. Jika Anda ingin membangun sistem yang di-overclock/berperforma tinggi, Anda harus mendapatkan kasing yang dapat menanganinya. Ada kasus yang datang dengan mekanisme pendinginan yang hebat dan yang hanya menawarkan solusi rata-rata. Lihat daftar kasing berpendingin air terbaik dan kasing terbuka terbaik untuk tahun 2019.

Bahkan jika Anda tidak ingin membangun sistem berpendingin air yang berat, Anda setidaknya harus berinvestasi pada kipas yang layak. Lihat daftar penggemar PC terbaik kami .

Artikel lainnya:

Itulah tadi artikel tentang cara mengecek suhu CPU komputer anda. Kami mengakhiri dengan diskusi tentang cara menjaga suhu CPU Anda tetap terkendali.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih

/* */